Certified Public Accounant (CPA) Exam Review

Pada tanggal 3-6 Juli 2013 , Ikatan Akuntan Indonesia(IAI) Wilayah Jawa Barat bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Akutan dan Jasa Penilai (PPAJP) menyelenggarakan Certified Public Accounant (CPA) Exam Review . Acara Ini diselenggarakan di Universitas Widyatama jalan Cikutra no 204 A Bandung , di gedung BXMM Lantai 1 Ruang B117.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini sekitar 30 orang yang berasal dari beberapa instansi seperti dari Universitas Widyatama,IAI Jabar, Universitas Lalangbuana, Universitas Bale Bandung, Universitas Kristen Maranatha, SPI UNPAD, UNPAD, STIE Ekuitas,KAP, Pt.Inti, Universitas Jendral A. Yani dan Notaris.

Acara ini dilakukan untuk membentuk akuntan agar lebih siap dalam menempuh ujian CPA. Sebagaimana diketahui bahwa tingkat kelulusan ujian CPA di Indonesia masih sangat rendah.

Dalam kesempatan ini, PPAJP yang mengirimkan 4 orang instruktur. Ke-empat instruktur dari PPAJP ini adalah :

1. Triyato, CPA . Sebagai instruktur dihari pertama membawakan materi-materi seperti Hukum Komerisal,Manajemen Keuangan,Pasar Keuangan .

2. Aria Farahmita, CPA  . Sebagai instruktur dihari kedua membawakan materi-materi seperti Akuntansi dan Pengendalian Manajemen , Kerangka Dasar Standar Ketentuan Badan Pengatur dan Pemerintah Atas Laporan Keuangan, Akun-akun dan transaksi.

3. Dwi Martani, CPA . Sebagai instruktur dihari ketiga membawakan materi-materi seperti Transaksi dalam Mata Uang Asing, Akutansi Transaksi Syariah, Akutansi Pemerintah,  dan Akutansi Organisasi Nirlaba.

4. Dedy Sukrisnadi, CPA .Sebagai insturktur dihari keempat membawakan materi-materi seperti Penugasan Audit, Penugasan Atetstasi dan Assurance, Jasa Akutansi dan Review , Aturan Etika dan Indeperensi, Konsep dan Analisis Ekonomi, dan Corporate Govenance .

Kegiatan CPA Examp Review ini selesai pada hari Sabtu, 6 Juli 2013. Semoga apa yg menjadi tujuan kegiatan ini dapat tercapai, yaitu naiknya tingkat kelulusan CPA Exam Review. Dengan demikian semakin banyak akuntan publik di Indonesia dalam menunjang pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Leave a Comment